Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Sambal Ikan Roa Pada UKM Fasta Food Desa Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi
RISTONO (E321 16 364). Strategi pengembangan usaha sambal ikan roa pada UKM fasta food di Desa Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Dibimbing oleh (Wildani Pingkan S, Hamzens, dan Al Alamsyar.)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi faktor internal (Kekuatan dan Kelemahan) dan faktor Eksternal (Peluang dan Ancaman) dalam mendukung perkembangan usaha Fasta Food dan alternatif strategi apa yang dapat diterapkan dalam pengembangan usaha samabal roa pada UKM Fasta Food. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (purposive), Jumlah sampel sebanyak 6 rang, yaitu pemilik Usaha Fasta Food, 2 Karyawan Fasta Food, 1 konsumen , 1 orang dari industri pesaing yang sejenis, serta 1 orang karyawanDinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT.Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan usaha UKM Fasta Food, berada pada kuadran I yaitu posisi kekuatan-peluang (SO), dengan menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang Ekternal, artinya dimana strategi ini dapat digunakan karena usaha atau industri tersebut memiliki kekuatan dan peluang sehingga dapat memaksimalkan berbagai peluang yang ada pada UKM tersebut.Kata kunci : Strategi Pengembangan, Analisis SWOT, Sambal Ikan Roa.
Tidak tersedia versi lain