Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Es Krim Putar Pak Giman di Kelurahan Boyaoge Kecamatan Tatanga Kota Palu
Hendra Bahtiar(E321 16167),Strategi Pengembangan Usaha Es Krim Putar Pak Giman di Kelurahan Boyaoge Kecamatan Tatanga Kota Palu. Dibimbing oleh Dr. Wildani Pingkan S. Hamzens, ST., MTdanAl-alamsyar SP, MP, 2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuistrategiapa yang harus di gunakan UKM Es Putar Pak Giman di Kelurahan Boyaoge Kecamatan Tatanga Kota Palu dalam meningkatkan produksi. Penentuan responden ditentukansecara sengaja (purposive), Jumlah sampel sebanyak 6 rang, yaitu pemilik Usaha Es Krim Putar Pak Giman, 2 Karyawan Usaha Es Krim Putar Pak Giman, 2konsumen Usaha Es Krim Putar Pak Giman, 1 orang dari industri pesaing yang sejenis, Analisis yang digunakandalam penelitian ini adalah analisis SWOT.Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan Usaha Es Krim Putar Pak Giman yaitu Internal (Kekuatan:Memiliki cita rasa yang unik, kualitas daya simpan produk yang baik,harga yang terjangkau.Kelemahan: alat–alat produksi yang telah usang, belum efektifnya promosi, administrasi belum rapi dan faktor Eksternal (Peluang: Bahan baku yang selalu tersedia, perkembangan teknologi informasi, dekat dengan permukiman, Ancaman:kenaikan harga bahan baku, tingginya daya saing antar UKM sejenis, menurunya daya beli konsumen).Strategi alternatif yang tepat digunakan untuk diterapkan dalam mendukung dan mengembangkan Usaha Es Krim Putar Pak Giman yaitu dengan menggunakan strategi SO. Strategi SO (Strenghts-Opportunities) atau strategi Kekuatan-Peluang yaitu menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang Eksternal, artinya dimana strategi ini dapat digunakan karena usaha atau industri tersebut memiliki kekuatan dan peluang sehingga dapat memanfaatkan berbagai peluang yang ada.Kata kunci : Strategi Pengembangan, Usaha Es Krim Putar
Tidak tersedia versi lain