Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Tahu Pada Industri Tahu Mitra Cemangi Kota Palu
Dirwan (E 321 16 156). Strategi Pengembangan Usaha Industri Tahu Mitra Cemangi Kota Palu (dibimbing oleh Wildani Pingkan S, Hamzens dan Al Alamsyar 2020)Tahu sebagai salah satu makanan dari olahan kedelai yang terus berinovasi, mulai dari gorengan tahu yang dijual dipinggir jalan hingga sekarang digunakan pada menu-menu masakan direstoran besar. Masyarakat Indonesia kurang minat menkomsumsi kacang kedelai menjadi langsung tanpa diolah, sehingga mereka lebih menyukai produk olahannya, salah satunya adalah tahu.Penelitian ini akan di laksanakan di industri Tahu Mitra Cemangi kelurahan Bayoge Kecamatan Tatanga kota Palu. Penentuan lokasi penelitian di lakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa industri Mitra Cemangi merupakan salah satu usaha Tahu yang ada di kota palu.Waktu pelaksanaan pada bulan maret sampai april 2020. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purpossive). Responden berjumlah 5 orang yaitu dari segi internal 1 Pimpinan dan 2 karyawan. Dandari segi eksternal yaitu 2 Responden konsumen. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT. Total nilai yang diperoleh pada tabel IFAS yaitu sebesar 1,71dengan skor kekuatan 2,36 dan skor kelemahan sebesar 0,65. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan Industri Tahu Mitra Cemangi lebih besar dari faktor kelemahan, sedangkan total nilai yang diperoleh tabel EFAS, yaitu sebesar 1,21dengan skor peluang sebesar 1,92 dan skor ancaman sebesar 0,71. Hal ini menunjukkan bahwa faktor peluang Industri Tahu Mitra Cemangilebih besar dari faktor ancaman. Berdasarkan hasil dari perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor strategi internal pengembangan usaha Industri Tahu Mitra Cemangi sebagai sumbu X yaitu 1,71, sedangkan faktor eksternal pada pengembangan usaha Industri Tahu Mitra Cemangi sebagai sumbu Y yaitu 1,21. Strategi pengembangan yang tepat untuk Industri Tahu Mitra Cemangiadalah strategi S-O, strategi S-O merupakan strategi yang dapat digunakan Industri Tahu Mitra Cemangidalam menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Kata Kunci : Strategi Pengembangan,Tahu, SWOT
Tidak tersedia versi lain