Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pemasaran Produk Keripik Singkong Pada Industri Rumah Tangga Darmatian Product Di Kota Palu
Ervina (E 321 17 030). Strategi PemasaranprodukKeripik Singkong pada Usaha IndustriRumah Tangga“Darmatian Product” di Kota Palu Sulawesi Tengah (Dibimbing oleh Arifuddin Lamusa dan Nurmedika 2021).Singkong merupakan salah satu tanaman komoditas pertanian yang banyak diperdagangkan karena komoditi tanaman singkong memiliki nilai tambah jika dikembangkan melalui agribisnis dan agroindusti. Salah satu industri yang berkembang di Kota Palu saat ini adalah industri rumah tangga Darmatian Product. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi faktor internal dan eksternal dalam strategi pemasaran dan mengetahui alternative strategi pemasaran dalam mendukung usaha keripik singkong pada industri rumah tangga Darmatian Product. Penelitian dilaksanakan di Industri Rumah Tangga Darmatian Product Jalan K.H Wahid Hasyim Kota Palu pada bulan Desember 2020. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (Purposive), responden yang dipilih yaitu pimpinan, karyawan, konsumen dan pihak perindagkop. Data yang digunakan dalam penelitian penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Analisis yang diguakan untuk merumuskanstrategiadalah Analisis SWOT.Hasil analisis matriks IFAS menunjukkan skor total yang diperoleh sebesar3dengan skor kekuatan sebesar 2,15dan skor kelemahan 0,85.Kondisi ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan yang dimiliki oleh usaha keripik singkong industri rumah tangga Darmatian Product lebih besar daripada faktor kelemahan. Hasil analisis matriks EFAS menunjukkan total skor yang diperoleh sebesar 3,64dengan skorpeluang sebesar2,28dan skor ancaman sebesar 1,36.Kondisi ini menunjukkan bahwa faktor peluang yang dimiliki oleh usaha keripik singkong pada industri rumah tangga Darmatian Product lebih besar daripada faktor ancaman. Hasil analisis diagram SWOT menggambarkan posisi usaha keripik singkong berada pada posisi kuadran 1 (satu) dimana industri rumah tangga Darmatian Product dengan menggunakan kekuatan danmemanfaatkan peluang yang ada.Adapun strategi pemasaranhasil dari analisis matriks SWOTyang dapat diterapkan pada industri keripik singkong Daratian Product yaitustrategi S-O: (a) Memanfaatkan bahan baku yang mudah diperoleh untukmendapatkanpeluangpasar(b) Memanfaatkan hargayangterjangkauuntuk menarik minat para konsumendan mendapatkan persepsi yang baik (c) Menciptakan produk yang berkualitasdan berdaya saingdengan memanfaatkan bahan baku yangharganya murah (d) Memanfaatkan alat teknologi yang tersedia untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah maupun dinas perindustrian dalam mengembangkan usahanya sehingga mampu mengatasi persainganyangtinggi.
Tidak tersedia versi lain