Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Preferensi Konsumen Industri Tahu Afifah di Kota Palu
Masita H. Ahmad (E 321 17 043), Analisis Preferensi Konsumen Industri
Tahu Afifah di Kota Palu dibimbing oleh Dafina Howara dan Sulmi.
Tahu merupakan salah satu produk makanan yang sudah sangat popular
dimasyarakat Indonesia. Konsumen memilih tahu yang dapat memuaskan
keinginan dan kebutuhan mereka, sehingga dalam melakukan pembelian,
konsumen akan memperhatikan kualitas dari tahu yang akan dikonsumsi. Untuk
mengetahui selera konsumen, maka dibutuhkan informasi pasar yang akurat
secara lengkap dan rinci mencakup preferensi konsumen. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui preferensi konsumen industri Tahu Afifah.
Penelitian ini berlokasi di industri Tahu Afifah, dan teknik penentuan
responden dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling.
Responden dalam penelitian ini adalah konsumen tetap industri Tahu Afifah
sebanyak 30 konsumen, Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan
data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
Chi-Square.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat diambil
kesimpulan bahwa preferensi konsumen industri Tahu Afifah dipengaruhi oleh
semua atribut yang diamati, yang terdiri dari rasa, tekstur, ukuran, dan daya tahan.
Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis Chi-Square semua atribut yang diamati
memiliki nilai
hitung sebesar 2.267 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 3.
Jika dibandingkan dengan nilai
tabel dengan tingkat signifikasi sebesar 25%
dengan derajat kebebasan sebesar 3, maka
hitung 2.267 >
tabel 1.212, ini
berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa atribut
tahu yang diamati mempengaruhi preferensi konsumen dalam mengkonsumsi
Tahu Afifah. Adapun urutan atribut dari yang paling dipertimbangkan konsumen
sampai dengan yang kurang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk
Tahu Afifah yaitu atribut rasa, tekstur, daya tahan, dan ukuran.
Tidak tersedia versi lain