Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Ternak Ayam Pedaging (Broiler) Hj. Nur Azizah di Desa Potoya Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi
Fadila Aldevina L.L (E 321 16 245). Strategi Pengembangan Usaha Ternak Ayam Pedaging (Broiler) Hj. Nur Azizah di Desa Potoya Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. (Effendy dan Al Alamsyar, 2020). Penelitian ini dilaksanakan di “peternakan ayam pedaging Hj. Nur Azizah” Desa Potoya, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada bulan Februari sampai dengan Maret 2020 bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan yang diterapkan pada peternakan ayam pedaging Hj. Nur Azizah tersebut. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan dengan metode sengaja (Purpossive), yang dilakukan dengan survey dan wawancara secara langsung. Jumlah responden yang akan diwawancarai adalah 7 responden yaitu dari segi internal yaitu 1 pemimpin dan 2 karyawan. Dari segi eksternal yaitu dari pengumpul 2 responden, pesaing 1 responden dan Dinas Petenakan 1 responden. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil analisis diagram SWOT menunjukan bahwa, kondisi yang tepat untuk digunakan dalam rangka pengembangan usaha ternak ayam pedaging pada usaha “Hj.Nur Azizah” terletak pada strategi S-O, dimana nilai dari kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities) lebih besar disbanding nilai kelemahan (Weakness) dan nilai ancaman (Treaths). Berikut ini adalah beberapa alternatif strategi yang dapat dijadikan sebagai suatu program pengembangan usaha, diantaranya (1)Memanfaatkan ketersediaan pakan lokal agar dapat memberikan harga jual ternak yang murah. Harga pakan lokal lebih murah dibanding harga pakan ternak impor, yang dimana harga pakan ternak lokal yang lebih murah bisa menjadi salah satu keuntungan untuk pemilik usaha agar biaya produksinya lebih rendah dan hal itu dapat membuat peternakan mendapatkan keuntungan dan hal itu otomatis membuat peternakan dapat cepat berkembang. (2)Menjadikan pemasaran hasil panen yang terjamin dengan memanfaatkan perkembangan usaha rumah makan. Hal ini sangat mengguntungkan bagi pemilik usaha peternakan yang dimana banyaknya usaha rumah makan saat ini yang telah berkembang dikota palu dan daerah lain yang dimana kebanyakan usaha rumah makan ini mempunyai menu utama ayam goreng,ayam bakar dan lain-lain yang secara tidak langsung ini menjadi peluang yang sangat bagus untuk perkembangan usaha peternakan Hj.Nur Azizah.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Ayam Pedaging, Analisis SWOT
Tidak tersedia versi lain