Perpustakaan Fakultas Pertanian

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Pemasaran Kopra Di Desa Sipi Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala
Penanda Bagikan

Skripsi Sosial Ekonomi Pertani

Analisis Pemasaran Kopra Di Desa Sipi Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala

Fadel, Moh. E 321 18 255 - Nama Orang;

Moh. Fadel (E 321 18 255), Analisis Pemasaran Kopra Di Desa Sipi Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala (di bimbing oleh Made Antara dan I Gede Laksana Wibawa, 2024).
Kabupaten Donggala merupakan salah satu daerah penghasil terbesar kelapa seletah Kabupaten Banggai, dan Parigi Moutong besarnya potensi yang dimiliki Kabupaten Donggala, luas lahan yaitu sebesar 28,124 Ha. Dengan produksi 29.609,10 /Ton. Dapat dilihat dari produktivitasnya sebesar 1.05 Ton/Ha.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran kopra dan besarnya margin pemasaran dari setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran kopra, berapa bagian harga yang diterima petani pengolah kopra di Desa Sipi, besarnya efisiensi pemasaran kopra pada masing-masing saluran pemasaran.
Penelitian ini dilakukan di Desa Sipi Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Penentuan responden pada penelitian ini dilakukan dengan metode sampel acak sederhanayang terdiri dari 32 responden petani pengolah kopra dan 3 responden pedagang dengan menggunakan metode (penjajakan).
Hasil analisis pemasaran menunjukkan bahwa saluran pemasaran kopra di Desa Pelawa melalui dua saluran pemasaran yaitu :
1. Petani (Produsen) -> Pedagang Pengumpul -> Pedagang Besar -> Konsumen (PT Adipura).
2. Petani (Produsen) -> Pedagang Besar -> Konsumen (PT Adipura).
Hasil analisis margin pemasaran kopra saluran 1 yaitu MT = Rp. 1.400/Kg sedangkan saluran kedua yaitu MT = Rp. 600/Kg. Bagian harga yang diterima petani kopra pada saluran 1 yaitu sebesar 82,5 %, sedangkan pada saluran kedua yaitu sebesar 92,5 %. Efisiensi pemasaran kopra di Desa Pelawa pada saluran pertama diperoleh hasil sebesar 17,55 % dan saluran kedua diperoleh hasil sebesar 15,17 % sehingga dari kedua saluran yang paling efisien yaitu saluran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 15,17 %.


Ketersediaan
#
My Library 631 FAD a Skripsi 2025
2025092agb
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
631 FAD a Skripsi 2025
Penerbit
Palu : Fakultas Pertanian Untad., 2025
Deskripsi Fisik
xv, 46 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
631
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Ekonomi Pertanian
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Moh. Fadel
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Pertanian
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?