Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Sayur Selada Hidroponik Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi (Studi Kasus PT. Nina Agro Jaya)
Kadek Sumianiasih (E321 21 213). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Sayur Selada Hidroponik Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi (dibimbing oleh Dafina Howara dan Sulmi, 2025).
Hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa tanah, yang dapat dilakukan tanpa harus memiliki lahan yang luas, salah satu keunggulan budidaya sistem hidroponik ini adalah dilakukan secara organik dan menghasilkan produksi yang lebih sehat. PT Nina Agro Jaya merupakan industri yang bergerak di bidang usaha pertanian yang memberikan kontribusi terhadap penyuplaian selada hidroponik di Kota Palu dan Kabupaten Sigi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui berapa tingkat kepuasan konsumen dan berapa persen tingkat kepuasan konsumen terhadap sayur selada hdiroponik.
Penelitian ini dilaksanakan di PT Nina Agro Jaya yang berlokasi di jalan Tanggul Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai November 2024. Penentuan responden ini dilakukan secara sengaja (Purposive), dengan jumlah responden sebanyak 31 konsumen. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah deskriptif dan costumer satisfaction index.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kepuasan konsumen PT. Nina Agro Jaya memiliki Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 84,41% jika diperhatikan nilai Customer Satisfaction Index (CSI) yang diperoleh tersebut berada pada rentang index kepuasan konsumen 81% < n < 100% yang berarti tingkat kepuasan konsumen dikategorikan sangat puas yang dapat diartikan terdapat indikator positif dari kinerja perusahaan terhadap kinerja atribut-atribut sayur selada di PT Nina GAro Jaya.
Tidak tersedia versi lain