Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang pada Industri Sofie Localfood di Kota Palu
Rahmat Alfarizqi (E321 16 045), Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang pada Industri Sofie Localfood di Kota Palu. Dibimbing oleh(Marhawatidan Husnul Khatima, 2020).Pisang merupakan buah-buahan yang sangat berpotensi tinggi dalam pengembangan produk yang dapat diolah menjadi berbagai olahan yang salah satunya adalah olahan keripik pisang. Seiring berkembangnya industri pengolahan keripik pisang diberbagai tempat salah satunya di Kota Palu menyebabkan adanya persaingan antar industri untuk mendapatkan eksistensi produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi faktor internal (Kekuatan dan Kelemahan) dan faktor Eksternal (Peluang dan Ancaman) dalam mendukung perkembangan usaha keripik pisang dan alternatif strategi apa yang dapat diterapkan dalam pengembangan keripik pisang pada industri Sofie localfood di Kota Palu. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (purposive), Jumlah sampel sebanyak 5orang, yaitu pemilik Sofie localfood, 1Karyawan Sofie Localfood, 1 konsumen, 1 orang dari industri pesaing yang sejenis, serta 1 orang karyawan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT.Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan Usaha Keripik Pisang pada Industri Sofie Localfood di Kota Paluyaitu Internal (Kekuatan: Kualitas produk yang baik, Lokasi yang strategis, Sistem informasi berbasis IT, Kualitas SDM yang baik, Kelemahan: Produksi yang tidak tetap, Produk mudah ditiruProduk mudah ditiru, Kurang variasi, produk) dan faktor Eksternal (Peluang: Bahan baku mudah didapatkan Berkembangnya media promosi, Pangsa pasar yang masih luas, Ancaman: Banyaknya pesaing produksejenis, Menurunnya daya beli masyarakat, Selera konsumen yang mudah berubah).Strategi alternatif yang tepat digunakan untuk diterapkan dalam mendukung dan mengembangkan Usaha Keripik pisangdi Sofie localfoodyaitu dengan menggunakan strategi SO. Strategi SO (Strenghts-Opportunities) atau strategi Kekuatan-Peluang yaitu menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang Eksternal, artinya dimana strategi ini dapat digunakan karena usaha atau industri tersebut memiliki kekuatan dan peluang sehingga dapat memanfaatkan berbagai peluang yang ada.Kata kunci : Keripik Pisang, Strategi Pengembangan,Analisis SWOT
Tidak tersedia versi lain